KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN


 

Jaringan telekomunikasi, di era yang semakin maju ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi memunculkan bermacam-macam jenis teknologi telekomunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, pendidikan, pemerintahan, ekonomi, perkantoran, dan sebagainya. Perkembangan teknologi ini merupakan tuntutan dari masyarakat yang juga memiliki pemikiran semakin berkembang. 

Jaringan telekomunikasi merupakan jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat komunikasi dengan jarak tertentu. Perangkat teknologi telekomunikasi yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah handphone, TV, radio, dan lain-lain. Untuk dapat bekerja, teknologi-teknologi tersebut membutuhkan perangkat yang dapat menunjang jaringan telekomunikasi.: 

Dalam membangun jaringan telekomunikasi, diperlukan beberapa kebutuhan. Untuk melakukan analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan, dibedakan menjadi tiga tahap, yaitu analisis dan peninjauan lapangan, analisis kebutuhan sumber daya, serta analisis kebutuhan perangkat. Ketiga tahap analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. 


Analisis dan Peninjauan Lapangan 

Analisis dan peninjauan lapangan diperlukan sebelum sebuah jaringan telekomunikasi dibangun. Hal ini untuk menentukan kebutuhan telekomunikasi yang diperlukan di suatu daerah.

Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan 

Kebutuhan telekomunikasi yang sering digunakan adalah internet dan telepon. Internet dan telepon keduanya berperan penting dalam dunia jaringan telekomunikasi. 

a. Internet 

Internet dikenal dengan Interconnected-Networking. Internet adalah jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang sang terhubung dengan menggunakan Sistem Global Transmission 

INTERNET Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran datanya (Packet Switching Communication Protocol). Internet merupakan jaringan komunikasi global terbuka yang menghubungkan jutaan jaringan komputer lain. Manfaat Internet dalam telekomunikasi terbagi atas berikut ini.

  • Internet sebagai media informasi, Internet dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpan intormasi serta fasilitas mesin pencari yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam pencarian informasi tertentu. 
  • Internet sebagai alat komunikasi. Internet dapat mendukung seluruh kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa, misalnya akses berita, sosial media, dan sebagainya. 
  • Internet sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Internet dapat membantu memperoleh materi pelajaran maupun buku elektronik secara online. 
  • Internet sebagai sarana hiburan. Internet dapat digunakan untuk menikmati data yang bersifat menghibur serta dapat dijadikan sebagai sarana penyaluran ide kreatif.

LATIHAN SOAL :

  1. MENURUT KALIAN APA ITU INTERNET SENDIRI DENGAN KONSEP PRIBADI KALIAN
  2. DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF DARI INTERNET DARI KEHIDUPAN KESEHARIAN KALIAN DARI USIA DINI SAMPAI KE USIA REMAJA
  3. DAN PENYELESAIAN APABILA ADA KENDALA DAN MASALAH PENGGUNAAN INTERNET
  4. BERAPA BANYAK PENGGUNAAN INTERNET DI INDONESIA DARI TAHUN 2022 SAMPAI TAHUN INI 2023 SUMBER DARI MANA
  5. BERAPA PERSENTASE PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA SAAT INI MENURUT BPS ?
  6. UNTUK APA PENGGUNA INTERNET TERBANYAK OLEH MASYATAKAT INDONESIA DIGUNAKAN ?
  7. TULISKAN PRESENTASE PENGGUNA INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOASIAL APAKAH YANG SERING DIGUNAKAN DARI AWAL TAHUN 2023 ?
  8. DALAM PENGGUNAAN INTERNET DI DUNIA TULISKAN DAFTAR NEGARA YANG MENGGUNAKAN INTERNET TERBESAR DI DUNIA 

DIKERJAKAN DI BLOG KALIAN ATAU DI LINK DIBAWAH INI :