SOAL  UJIAN SIMULASI DIGITAL


perhatikan study kasus ini

ari seorang sekretaris dari OSIS smk manahijul huda dukuhseti dimintai bu ulfa selaku waka kesiswaan untuk membuat proposal secara formal untuk kegiatan bimbingan  bola volly yang akan dilaksanakan persiapan oleh team volly smk manda. karena team bola volly smk manda mau mengikuti ajang bergengsi untuk lomba POPDA Bola Volly tingkat Jawa Tengah. ari sudan membuat proposal yang akan digunakan untuk pengajuan pelatihan persiapan bola volly smk manda. tapi ari belum sempat mengatur ukuran kertas pada proposal tersebut. ari meminta bantuan kepada nadya. dengan ukuran kertas A4, dengan spasi 1.5, dan ukuran tepi kertas atas 4 cm, bawah, 3 cm, kanan 3 cm, kiri, 4 cm

  1. tuliskan bagaimana tata cara nadya mengatur ukuran kertas proposal ari dengan baik dan benar  (8 karakter)

  2. proposal sudah jadi tapi ari mencetak ada yang rusak beberapa halaman, pada halaman 2 dan halaman  16, 18 bagaimana cara ari untuk mencetak proposal pada halaman itu saja ? (10 karakter)



Perhatian tabel excel dibawah ini 



  1. Tuliskan rumus tentang menentukan gaji dari kriteria gaji pokok, gaji tunjangan, gaji transportasi ?  (5 karakter)

  2. tuliskan rumus excel untuk menentukan Total Gaji pada tabel diatas ? (3karakter)

  3. buatlah rumus untuk pajak dan gaji bersih pada tabel excel diatas ? (5 karakter)



perhatikan gambar dibawah ini 👍

  1. untuk gambar diatas adalah gambar grafik yang terdapat pada aplikasi microsoft powerpoint, untuk gambar diatas adalah gambar diagram apakah ? (3karakter)

  2. tuliskan langkah - langkah dalam membuat diagram seperti gambar diatas ? (6 karakter)


bacalah studi kasus dibawah ini 

Labib sedang asik bermain smartphonenya baru asik scroll, Labib mendapati jejaring sosialnya sedang di bully oleh teman temannya. dalam facebook, whatsapp, dan tik tok, terdapat foto labib yang sudah di edit oleh teman - temannya 

  1. dari kasus diatas termasuk ke dalam jenis kasus apa ? (1 karakter)

  2. pada kasus diatas termasuk melanggar undang undang apa dan nomor berapa ? (3 karakter)

  3. dari study kasus Labib diatas, bagaimanakah sebaiknya yang harus dilakukan Labib kepada teman - temannya ? ( 8 karakter )


study kasus 

di era teknologi yang semakin pesat ini dan semakin canggih sudah semestinya semua kalangan pasti menggunakan teknologi. dan teknologi yang diterapkan di dunia pendidikan. namun, patut diwaspadai juga apa dampak negatif atau bahaya yang dapat mempengaruhi pada anak didik kita. oleh karena itu, pendidik harus memahami betul penggunaan teknologi tersebut serta dapat memberikan arahan yang tepat kepada anak didik kita. 

  1. pada penjelasan diatas anda coba definisikan tentang internet safety dan digital citizenship ( 10 karakter)

  2. bagaimana cara seorang pendidik untuk mengajarkan siswa mengenai “internet safety” dan “digital citizenship” dengan baik benar (10 karakter)

study kasus 

Sekarang zaman modern dengan spesifikasi yang sangat istimewa. Ada juga ebook yang banyak fungsinya salah satunya seperti buku buku lainnya. Ebook berfungsi seperti buku –buku lainnya. Dimana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran.  Kita bisa mendapatkan banyak sekali ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang  yang dibagikan secara gratis di internet.  Dengan adanya ebook seorang menjadi lebih senang membaca karena ebook lebih praktis penggunaannya daripada buku.  

  1. coba anda jelaskan yang kalian ketahui tentang ebook ? (2 KARAKTER)

  2. manfaat apa saja  yang kalian ketahui tentang penggunaan ebook pada era jaman sekarang ? (10 KARAKTER)


study kasus 

Dalam melakukan sebuah aktifitas pekerjaan sering kali menemukan sebuah kendala atau masalah, maka dari itu biasanya seseorang akan mencari sebuah solusi atau tata cara di internet. Untuk mempermudah pekerjaannya yang sudah dibuat dalam bentuk tulisan, video, dan foto. 

  1. Coba anda uraikan jenis – jenis format buku digital dan aplikasi yang digunakan untuk membuka nya aplikasi video ? (10 KARAKTER)

  2. tuliskan ekstensi format foto atau gambar yang sering digunakan dalam menyimpan sebuah file foto atau gambar ? (10 KARAKTER)


study kasus 


  1. Mesin pencari web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas berkas yang tersimpan dalam layanan www. ftp, atau pun new group dalam sebuah ataupun peladen dalam sebuah jaringan.  Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup.  Coba anda sebutkan macam macam aplikasi browser dan jelaskan keunggulan kelemahan nya ? (10 KARAKTER)

  1. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, dijamin yang serba digital ini kita sangat diuntungkan dengan adanya komunikasi dalam jaringan (daring) terlebih jika kita adalah seorang yang mempunyai relasi atau hubungan dengan orang orang yang sangat jauh.  Maka komunikasi daring akan menjadi sebuah media penghubung yang sangat baik. Coba anda terangkan definisi secara lengkap tentang komunikasi daring ? (15 KARAKTER)

  2. Tinjauan diadakannya komunikasi daring adalah sebagai media yang memudahkan kita untuk saling berinteraksi antara  satu dengan yang lainnya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Akan tetapi dibalik semua kemudahan tersebut banyak sekali dampak positif dan negatifnya. Coba anda jelaskan keunggulan dan kelemahan penggunaan komunikasi dalam jaringan (daring) ( 10 karakter )

  1. Aktivitas kita dalam berinteraksi dengan orang lain di internet bisa disebut dengan komunikasi daring.  Hanya saja komunikasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu secara sinkron ( langsung) dan secara asinkron (tunda).  Coba anda sebutkan contoh dari masing masing jenis komunikasi tersebut? (10 karakter)



bisa menggunakan google form | latihan soal us 2023



====SELAMAT MENGERJAKAN====