KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN

KOMPETENSI DASAR
3.5          MENGANALISA KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN
4.5          MENYAJIKAN HASIL ANALISA KEBUTUHAN TELEKOMUNIKASI DALAM JARINGAN

APERSEPSI TELEKOMUNIKASI
Analisa kebutuhan telekomunikasi mencakup pada analisis dan peninjauan lapangan, analisis kebutuhan sumber daya dalam telekomunikasi, serta analisis kebutuhan perangkat dalam telekomunikasi.  Disampuing prosedur dalam mengganalisis sumber daya, menganilisis kebutuhan perangakat dalam telekomunikasijuga merupakan hal pennting.  Prosedur utama dalam melakukan analissi dilakukan dengan cara meninjau atau melihat jenis perangkat yang digunakan setiap user dalam mengakses telekomunikasi. Apalagi dengan beragaam alat komunikasi era globalisasi secara tidak langsung memengaruhi alat – alat yang disediakan oleh jaringan dalam mengkompitablekan telekomunikasi pada perangkat  yang ada. Hal tersebut disebabkan tidak semua user menggunakan alat yang sama dalam bertelekomunikasi

Pengertian macam macam jenis dan tujuan komunikasi data - Catatan ...
Gb. Berbagai jenis teknologi komunikasi data

A.      ANALISIS DAN PENINJAUAN LAPANGAN
Kemampuan TIK menjadikan dasar bagi ekonimi dan mendorong perubahan sosial di abad 21.  Jenis – jenis informasi atau berita dapat dikirimkan melalui berbagai macam  media komunikasi terutama media komunikasi modern kepada masyarakat yang jauh lebih luas.  Teknologi informasi komunikasi identik dengan teknologi yang dibutuhkan unruk memproses informasi khususnya pada penggunaan komputer, peralatan komunikasi, dan penerapan perangkat lunak guna mengkonversi, menympan melindungi, memproses, mengirimkan, dan menerima informasi dari manapun seriap hari dan setiap saat.

Chapter 7 Telekomunikasi, Internet dan Teknologi Nirkabel ...
Gb. Internet sesuai telekomunikasi jaringan
INTERNET
Pada awalnya internet hanya sebagai sebuah sarana pelengkap atau hiburan semata, tetapi sekarang kedudukannya telah berubah drastis menjadi sebuah kebtuhan bagi setiap orang di kota -  kota besar hingga pelosok pedesaan. Internet identik dengan rangkaian seluruh jaringna komputer yang saling berhubungan yang menggunakan sistem global TCP/IP sebagai sebuah protokol prtukaran [aket guna melayani miliaran user seluruh dunia.  Sementara itu, cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah – kaidah tersebut diistilahkan internetworking ( antar jaringan ).
a)       Kebutuhan Internet
Kebutuah internet sebagai mendia komunikasi telah memudahkan orang untuk bekerja dari rumah, belajar jarak jauh, dan lain – lain.  Semuanya sudah mengenal dan menggunakan internet untuk berbagai keperluan, sperti pedagang bisa menjual dagangannya berupa toko online lewat internet, mencaari resep makanan yang dilakukan seorang ibu rumah tangga, dan mencari semua transaksi yang terjadi saat ini telah menggunakan internet seperti transaksi perbankan dan transaksi – transaksi lainnya
Jual Instalasi Warnet, Game online/Offline , Instal Os , Billing ...
Gb. Warnet dan game online
b)      Dampak positif inernet
Beberapa dampak positif internet :
1.       Media komunikasi
2.       Kemudahan berbisnis
3.       Media mencari informasii
4.       Sumber penghasilan
5.       Kemudahan memperoleh informasi
6.       Media pertukaran data
7.       Sumber informasi
What is link?
Gb. www/link
c)       Dampak negatif internet
Bebeapa dampakngatif internet :
1.       Pornografi
2.       Penipuan
3.       Kecanduan
4.       Mengurangi sifat sosial

TELEPON
Keberadaan telepon sebgai alat telekomunikasi langsung dengan seseorang yang berada jauh di seberang benua pun bukan hal yang mustahil.  Kemampuan yang diberikan telepon seangar serasa manfaatnya bagi kehidupan manusia sejak kemunculan telepon peratama hingga saat ini, perkembangan telepon sangat pesat,, telepon beroperasi dengan menggunakan media transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon berkomunikasi dengan pengguna lainnya.  Inovasi juga dilakukan pada sistem jaringan serta perangkartelepon itu sendiri.  Berbagai jenis gangguan sudah diminimlakan sedemikian rupa, ukuran serta fungsi perangkat telepon pun makin ringan dan canggih demgam harga layanannya yang makin murah.  Namun, perkembangan telepon seluler memberikan perubahan perilaku bagi para penggunanya baik dari sisi psikologis ataupun dari segi konsumerisme.  Terutama untuk tipe telepon seluler yang masuk kategori smartphone dengna bnyak ditemukan perilaku menimpang.
a)       Sejarah telepon
Telepon sudah menjadi sebuah bagian dari kebutuhan hidup sehari – hari, misal untuk urusan pekerjaan, dengan keluarga dan teman maupun sebagai hiburan saja. Kita dapat melakukan panggilan kemanapun dengan mudah dan instan serta menghemat ruang dan waktu. Hanya perlu menekan nomor operator tujuan dan kerika nomor tujuan diangkat seketika itu juga bisa berbicara dengan orang yang dituju.  Telepon diterjemahkan sebagaialat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara.  Telepon yang pada awalnya banya bisa dilaukan pada jarak dekat diamasa sekarang bisa dilakukan hingga lintas benua.
Perkembangan awal telepon menurut wikipesia dijabarkan sebagai berikut :
Sumber wiki pedia
b)      Kebutuhan telepon dalam telekomunikasi
kebanyakan pengguna telepon seluler sedah memosisikan sebagai asisten pribadi yang dapat diakses dimana pun dan kapanpun. Telepon genggam identik dengan media telekomunikasi dua arah yang bisa menyampaikan dan merespon informasi pada saat bersamaan.  Selain berukuran kecil, telepon genggam memiliki berbagai model yang bisa dipilih.  Saat in i telepon genggam sepertinya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan tanpa memandang tingkat ekonomi mauoun usia,maka telepon genggam sudah menjadi suatu kewajiban untuk dimiliki. Bahkan terdapat smartphone yang berfungsi silayaknya komputer mini sehingga bisa melakukan akses internet, videopobe, game online, dll
Proses Komunikasi Pada Jaringan Komputer Dan Telepon - Dunia IT
gb. Telepon dalam telekomunikasi

c)       Dampak positif penggunaan telepon seluler
1.       Jenis komunikasi
Terciptanya sebuah smartphone pengguna sekarang dapat mengakses akun jejaring sosial mereka melalui telepon seluler mereka, meningkatkan jumlah merode dimana seseorang bisa berkomunkasi lebih cepat.
2.       Dunia kerja
Sebuah suvey menyatakan bahwa setengah dari responder menggunakan telepon seluler untuk tujuan berbisnis saat melakukan liburan. Membuat blur antara kehidupan kerja dan pribadi
3.       Hubungan antar manusia
Dampak penggunan akan meningkatkan konektivitas jarak dekat maupun jarak jauh serta mengurangi jumlah waktu di mana tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain.
4.       Hemat biaya
Telepon seluler memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dalam jarak jauh dandengan biaya yang sangat mudah. Misal di masa sosial distancing ini dari berbagai kalangan menggunakan seluler.
5.       Sejarah demografis
Misal : anak dan remaja adalah kemampuan dalam mengembangkan kemandirian
d)      Dampak negatif pgnggunaan telepon seluler
Efek ketergantungan pengguna teelpon seluler yang terjadi makin besar sehingga mampu merusak psikologis terhadap dirinya sendiri. Salah satu pernyebab utama yang sering menjadi acuan kecanduan telepon seluler adalah kemudahan akses yang diberikan oleh telepon seluler pinter tersebut. Dengan kemudahan suan akses itulah pengguna merasa memiliki kesan tersendiri terhadap hal baru yang ditawarkan oleh telepon seluler pintanya. Gangguan psikologis yang terjadi kibat memprimerkan telepon seluler disebut nomophebia, alias no-mobile-phone phobia.
1.       Faktor kemalasan
Dengan telepon seluler membuat masyarakat cenderung lebih malas, sebab dengan telepo seluler dapat melulkan berbagai macam aktifiat komunikasi sehingga proses interaksi secara langsung atau tatap muka dengan orang lain jarang dilakukan
2.       Faktor kesehatan
Tertuju pada pola tidur seseorang ketika seorang menggunakan telepon secara berlebihan, yang berdampak stress, radiasi sinyal RF.
3.       Faktor kehidupan bermasyarakat
Menganggap telepon sebagai sebuah keharusan (primer), memberikan tanda orang tersebut memiliki kehidupan sendiri dengan telepon selulernya sehingga membuat makin tidak peka dengan lingkungan sekitar.dampak yang lain adalah lunturnya nilai moral dan sopan santun.