BAHASA PEMPROGRAMAN

STANDART INPUT DAN OUTPUT C++

1. STANDART IO C++

Merupakan metode perintah yang digunakan untuk mengeluarkan hasil proses komputer sehingga dapat dibaca oleh pengguna atau user. Fungsi perintah yang digunakan untuk menampilkan output, :

a. Fungsi printf ()

Digunakan untuk mencetak data baik berupa teks, numeric, konstanta maupuan variable. 

 





Contoh :

Kode program di atas digunakan untuk menampilkan “ belajar pemprograman C++”. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Fungsi printf () harus diikuti oleh header <stdio.h>. fungsi \n digunakan untuk mengganti baris.

b. Fungsi cout

Digunakan untuk menampilkan output hasil rancangan kode program. 


Contoh :

Fungsi cout biasanya diikuti tanda << yang digunakan untuk mengapit output yang akan metampilkan. Fungsi endl digunakan untuk berganti baris.

NOTE :

Tanda % yang dapat mengikuti fungsi printf() terdapat beberapa macam, diantaranya :

a) %d untuk nilai interger,

b) %c untuk nilai char,

c) %s untuk nilai string

d) %f untuk nilai floating point,

e) %e unutk nilai floating point dengan bentuk eksponen,

f) %u untuk integer tak bertanda,

g) %x untuk nilai integer dalam bentuk hexadecimal,

h) %p untuk nilai pointer

Karakter yang ditulis dengan bentuk \ karakter mempunyai arti tersendiri (karakter khusus) dan biasa disebut escape sequence charaters. Karakter khusus tersebut diantaranya :

a) \0 è karakter berASCII nol (karakter null)

b) \a è karakter bel

c) \b è karakter backscape

d) \f è karakter from feed (ganti halaman)

e) \n è karakter ganti baris / newline

f) \r è karakter carriage return (ke awal baris ) tanpa linefeed

g) \t è karakter tab horizontal

h) \v è karate tab vertical

2. STANDART INPUT C++

Metode untuk memasukkan input oleh user/pengguna yang nantinya akan diolah untuk dijadian hasil sesuai dengan keinginan. Setiap input yang dimasukkan mempunyai fungsi yang berbeda –beda.

a) Fungsi getch() dan getche()

Untuk menampilkan data yang mempunyai tipe karakter. Tetapi hanya dapat menampilkan satu karakter. Perbedaan dari kedua fungsi diatas adalah fungsi getch () tidak dapat menampilkan data yang di-inputkan, sedangkan fungsi getche() dapat menampilkannya. 

 

Contoh :

Kode program digunakan kedua fungsi tsb secara langsung. Apabila dijalankan maka program akan menggunakan fungsi getche() terlebih dahulu, setelah input didapatkan baru melaksanakan fungsi getch (). Tag char x merupakan variable yang diguanakan untuk menyimpan data. Tag tsb memiliki arti variable bernama x yang memiliki tipe data char. Dalam fungsi ini tidak memerlukan perintah enter untuk memasukkan data input. Tag %c adalah untuk mengnisialisasi bahwa data yang di inputkan adalah character.

b) Fungsi cin

Digunakan untuk menangani standart input pada C++ dengan menambahkan overloaded operator extraction (>>) pada cin stream. Untuk dapat menggunakan fungsi ini, biasanya diikuti dengan cout untuk menampilkan hasil dari data yang telah diproses.


Contoh :

Program akan meminta nilai x yang nantinya nilai ini akan diolah dengan menambahkan nilai 10 pada x. apabila nilai yang dimasukkan adalah 50.

c) Fungsi scanf

Biasanyd dikombinasikan dengan perintah printf(). Perintah printf() disini berfungsi sekedar manampilkan keterangan tentang apa yang harus diinputkan, sehingga operator bisa langsung mengeri harus memasukkan data apa. Selain itu, penggunaan scanf() juga harus menyertakan tanda ‘&’ pada awal variable tanda ‘&’ disini berfungsi sebagai operator alamat (address operator)

Contoh : 





d) Fungsi gets

digunakan untuk memasukkan data bertipe karakter dan tidak dapat digunakan untuk memasukkan data numeric. Harus diakhiri dengan penekanan tombol enter. Tidak memerlukan penentu format.



Contoh : 

 

Cobalah untuk mempraktikan kode program diatas kemudian lihatlah hasil yang diperoleh, bandingkan dengan beberapa standard input yang telah dibahas.

 

KESIMPULAN:

Karakteristik yang dimiliki oleh fungsi getch dan getche

a) Digunakan untuk membaca data karakter

b) Karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan penekanan tombol enter

c) Tidak memberikan efek pergantian baris secara otomatis

d) Jika menggunakan fungsi getch () karakter yang dimasukkan tidak akan ditampilkan pada layar sehingga sering digunakan untuk meminta memasukkan berupa password.

e) Sedangkan pada getche () karakter yang dimasukkan akan ditampilkan pada layar

J ika terdapat beberapa proses input sekaligus, maka sebaiknya ditambahkan fungsi fflush(stdin);setelah fungsi scanf(). Fungsi fflush(stdinn) berfungsi menghapus buffer di dalam alat IO.

Scanf () juga bisa digunakan untuk menginputkan beberapa data sekaligus dalam satu baris asalkan jumlah dan tpe penentu format sesuai dengan variable yang akan diinputkan. Data yang akan dimasukkan dapat dipisahkan dengan spasi, tab atau tanda pemisah lain seperti koma, garis penghubung (-), atau titik dua ( : ), pemisah data dalam input yang digunakan harus sama dengan pemisah data dalam scanf ().